21.4.12

Kulineran Semarang Part 2


Okeh, deh... lama tak mengepost dikarenakan kesibukan belakangan. Maka kali ini gw akan mengepost tentang makanan lagi. Sebelumnya kan pernah ngepost juga tentang Kulineran Semarang, sekarang menyusul jilid 2 nya. Nyahahaha
Selama tinggal di Semarang, kuakui memang gw jarang banget makan or jalan2. Palingan ke gubuk pizza, terus nangkring ekstra lama di sana padahal cuma pesen teh manis (hehehe). Kadang nemu juga sih tempat makan yang oke. Dan karena sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu yang dibagikan dan bermanfaat, maka inilah dia jejak kulineran yang pernah gw singgahi...

Depot Sukses
contoh pahe
Tempat macam apakah ini? Apakah praktek dukun? Hoho, bukan, ini adalah tempat makan japanesse food. Gw suka makan di sini karena salad dan mayonesnya banyak. *yummy!*, dulunya kedai ini berada di Jl. Gajah Mada, tapi sejak tahun 2011 depot ini sukses pindah ke gang kecil, masih di Jl. Gajah Mada, Semarang juga, deketnya Shabu Zen. Di sini dijual makanan Jepang dan Korea. Karena gw ngga pernah makan makanan korea, gw ngga bisa membandingkan dengan tempat lain. Menu di sini misalnya ada chicken bulgogi, beef bulgogi, chicken/ beef yakiniku, chicken/ beef teriyaki. tiap porsinya makanan ini terdiri dari salad (dengan kocrotan mayones), daging, nasi putih semangkok (perut yang melar dijamin nambah). Harga masih cukup bersahabat, berkisar antara Rp.10.000 - 18.000. Di sini juga ada paket hematnya lhooo... Buat mahasiswa yang jajannya pas-pasan dan pengen makan sini, cobalah ajak teman yang ulang tahun... ;-)

Qudama Japanese Food
Qudama Tempo Doeloe
Tempura
Kawan, sesungguhnya warung kaki lima ini udah lama adanya, yang masih nyariin di seputaran Jl. Gajah Mada, sebaiknya kalian menyerah karena udah pindah Oooiii. Sekarang letaknya ada di Jl. Depok. Kalo dari arah Mall Paragon warungnya ada di kiri jalan. Dibanding Depot Sukses, menurut gw warung ini lebih ciamik!!! *tsahhh...
Di sini juga jual Japanesse food. Teriyaki, Yakiniku, Tumis Taoge (ga tau namanya), tempura *kesukaan si Mas tapi jarang banget dia beli karna gw alergi, hehehe*, salad, and many more. FYI, awal Qudama buka es jeruknya enak sekali, tapi sekarang es jeruknya sudah tidak senikmat dulu lagi... Harga di Qudama cukup bersahabat, ada di kisaran Rp.10.000-16.000. Paling recommended untuk coba tempura nya. *tiap mas makan gw ngiler, tapi alergi, jadi galaw...

Sate Padang Jatingaleh
Rasanya Cukup "Padang"
Sate padang ini bukanya hanya kalau malam saja. Yang jual asli orang minang. Hal ini sudah gw uji kebenarannya dengan membawa rekan gw yang bernama Rika Jenova, yang ngakunya orang Padang padahal dari Payakumbuh. Teman gw ini sukses cas cis cus sambil makan sate. Harga seporsinya Rp. 12.500, cukup buat bikin nyesek dan kudu puasa besoknya. hehehe, tapi kualitasnya oke, rasanya cukup pedas. Hal ini terbukti karena tiap Rika makan pasti dia mencret. Sesuai namanya warung ini terletak di Jatingaleh, dekat sama Puskesmas Jatingaleh, Semarang. Kalo dari tembalang letaknya di kanan jalan sebelum Tol jatingaleh/ PLN Distribusi Jatingaleh.

Nasi Gule Puja Sera Sampangan
Ilustrasi
Yummy...!!! Begitulah komentar gw tentang menu kulineran di warung nasi ini. Rasanya enak (kata Mas dan temen2 gw), harganya bersahabat bagi kantong. Kekurangannya adalah di sini banyak tukang ngamen. Harga seporsi nasi gule Rp.5000. Kalo merasa kurang, masih bisa nambah lauk ayam/ikan/mendoan goreng yang disediakan. Yang paling khas di sini adalah sambel kecapnya! Kalian musti coba! Selain Nasi Gule yang murah meriah, ada juga bistik sapi. Harga seporsinya Rp.5000 (sebelum isu BBM naik). Rasanya juga enak, dagingnya empuk. Menu lain yang disediakan adalah sop. Harga Nasi Sop seporsi (tanpa nambah lauk) Rp. 3000. Tempat ini memang "ramah" sama kantong Mahasiswa. Lokasi warung ini ada di puja sera sampangan Jl. Menoreh raya. kalo dari arah pasar bulu ada di kiri jalan.

Warung Bu Menora
Ini juga merupakan warung murah meriah yang ramah sama kantong mahasiswa dan anak kost-kostan. Di sini jual macam-macam menu, ada gongso, nasi goreng, dan penyet. Lauknya bisa pilih sendiri antara ati rempela, ayam, anduk (ups, babat maksudnya), dan telur. Harga nasi gongso maupun nasi goreng seporsi Rp.6000. Menu kesukaan gw adalah nasi goreng ati super pedes banget. Kalo mau beli di sini harus sabar karena:
  1. Di sini rame banget, jadi kudu tabah ngantri
  2. Kalo yang ngelayanin ibu-nya, bisa dibilang tingkat higienitas dalam memasak sangat kurang karna ibunya jarang cuci tangan, jadi plis tutup mata kalo jijik
  3. Rasa masakan suka berubah, apalagi kalo yang antri banyak. Usahakan memantau terus ketika ibunya masak pesenan kita, apa garem udah masuk, apa sambel cukup, dll.
Kelebihan dari warung ini adalalh:
  1. Porsi ekstra kuli
  2. Harga Murah
Biasanya gw kalo beli seporsi bisa buat berdua. Tapi kalo dimakan sendirian pun abis, hehehe. Serius, porsinya memang kuli.
Lokasi warung bu menora ini juga terdapat di Jl Menoreh raya, Sampangan. Ngga jauh dari  Kedai Mie Ayam Pak Man. Maaf ga bisa menyertakan gambarnya, karna penampilan nasi goreng/ gongsonya amat semrawut jadi ga ada yang serupa...

Nasi Kucing Tanah Mas


Macam2 Angkringan
Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa hebatnya nasi kucing tanah mas ini? Gw juga ga tau, baru ke sana 2x. Yang pertama traktiran dari temen gw Dian (yang biasa makan di sana kalo mao jemput adeknya les) ditraktir sepuasnya karena Dian berhasi lulus memuaskan setelah ujian stase anak sama penguji yang paling dihindari (hehehe, tapi beliau baik dan objektif). Waktu kita ditraktir, ajaibnya temen gw yang paling anorexia, Asti, ampe abis 4 bungkus!! Parah. Saat gw tanya katanya karna lapar dan enak. Yang ke-2 gw ke sini sama Si Mas Dj. FYI, beliau ini bukan tipe anak nongkrong (kecuali di W) dan paling males diajak heng-ot. Tapi beliau berhasil gw ajak ke sini dan ternyata pingin ke sini lagi.Wow! Karena dua alasan tersebut maka tempat ini cukup penting buat disinggahi
Yang namanya kucingan, menunya yah sama aja. kelebihannya di sini adalaha pilihannya banyak, banyak aksesorinya juga mulai dari mendoan, bakwan, martabak. Buat yang muslim, ingat yah ternyata di sini jual Saren! Lokasi nasi kucing ini gw lupaaaa, hehehe, kayaknya sih di jl. Kalimas Raya, Semarang, tapi itu kayaknya yaaa. Angkringan ini buka sampe jam 3 pagi.

Segitu dulu postingan hari ini, lain waktu dilanjut untuk melengkapi perpetaan kulineran semarang. Ciao...

4 komentar:

  1. Thnks infonya kakaks...
    bisa dicoba euy nanti, saya soalnya anak perantauan dari pinggirannya jakarta juga soalnya yg lg kuliah+kerja di smrng wahahahah

    BalasHapus
  2. Sama-sama kakaks...
    ayo dicoba, lumayan buat variasi makanan di semarang.
    baca juga kulineran semarang part 1 nya ya, ada nasi goreng padang juga yang recomended...

    enjoy semarang...
    :)

    BalasHapus
  3. itu yang Depot Sukses di sebelah mana ya tepatnya ?
    pengin nyoba kesana, masih ada ga ya tempatnya ?

    BalasHapus
  4. masih depot sukses di jalan melati selatan

    BalasHapus

wibiya widget