26.7.12

Macam Kuas Make Up

Selamat berpuasa semuaaaa....
Hari ini masi melanjutkan postingan tentang dunia permake up-an, gw akan dengan senang hati membagi info tentang macam-macam kuas make up.

Sebenernya, menurut gw pribadi, untuk para make-up-naturaler item-item disini tidak terlalu tinggi nilai gunanya. Pengalaman ketika masi awal-awal belajar make up, nyaris semua make up ini ngga ada yang gue punya, well bukan nyaris lagi tapi lebih tepatnya ngga punya.

Lalu, kapan harus mulai mengumpulkan kuas make up? Jawabannya simple, yaitu ketika kuas make up bawaan make up (blush on/ eye shadow, dsb) sudah rusak, hehehe, atau mungkin kalo kuasnya dirasa ngga nyaman dipakai...

Oke, ngga usah kebanyakan mukadimah deee, kita langsung menuju topik kita kali ini. Yuk, para beginner (seperti gw) kita simak sama-sama, anw kalo ada yang salah atau kurang tepat boleh kok dibantu tambahkan infonya...

1. Kuas Powder
Kuas powder berfungsi untuk mengaplikasikan bedak tabur pada wajah, shimmer (itu lho, yang bikin mengilat-mengilat) atau bedak warna pada sentuhan akhir.
Bentuk kuas ini bulat dan bulunya tebal. Jika dibandingkan dengan kuas yang lain maka kuas ini merupakan kuas paling besar dengan bulu yang paling lebat.
Kuas make up ini bisa diperoleh di toko kosmetik atau toko girly thing kaya N**ghty, atau Strawb**ry . Harganya bervariasi mulai dari 15.000-50.000, ada harga ada rupa itu prinsipnya. Saran gw coba dulu sebelum membeli, karena kalo punya tapi bulunya terasa kasar di kulit wajah, pasti ngga akan lama umurnya.

Kuas Giordano Gold punya nyokap
Gw sendiri pakai kuas Giordano Gold dari Oriflame. Kuasnya oke, bulunya lembut dan fleksibel. Kuas ini punya nyokap, jadi ngga tahu harganya, hehe. Buat gw ini adalah kuas all in one, yaitu bisa dipake untuk bedak tabur tapi juga gue pake buat aplikasi blush on. Aslinya ini merupakan kuas blusher.

2. Kuas Blusher
Sesuai dengan namanya kuas blusher digunakan untuk mengaplikasikan blush on pada pipi. Bentuknya lebih kecil dengan gagang lebih ramping dibandingkan kuas powder. bentuknya ini diharapkan supaya kuas ini lebih fleksibel untuk digunakan sesuai fungsinya. 
Pada gambar di sebelah kanan gw kasi dah, contoh kuas bawaan dari blush on merek wardah punya gw, kuas ini kecil banget dan susah untuk digunakan. kalo gw, blush on nya tetep gw pake tapi dengan menggunakan kuas lain  yang lebih besar. Jadi, saran gw, barang siapa beli blush on wardah, sebaiknya beli juga kuas blusher.

3. Kuas foundie

kuas foundie

Sesuai namanya, kuas ini digunakan untuk mengaplikasikan foundation/ bb cream. Gw juga baru tau, ternyata bb cream dipakenya bisa pake kuas. Malah, kabarnya, lebih bagus pakai kuas supaya lebih irit pakenya dan lebih merata. Selain itu kalau kita mengaplikasikan foundation/ bb cream dengan jemari tangan nantinya minyak-minyak di jemari kita bisa turut ambil bagian jadinya malah bisa bikin wajah kadi berminyak.
kuas ini bentuknya lebih kecil dan bulunya juga pipih bila dibanding dengan kuas powder dan kuas blusher.

4. Kuas eye shadow

berbagai kuas eye shadow
Kalo ngga tau fungsinya, kebangetan sekali, hehe, karena namanya aja udah menggambarkan fungsinya, yaitu untuk mengaplikasikan dan membaurkan warna eye shadow serta membuat sudut mata. Ngga perlu pusing dengan ukurannya yang beraneka ragam, prinsip dari kuas ini adalah semakin superior/ atas, maka semakin besar pula ukuran kuas yang diperlukan
Bentuk kuas ini pipih dengan ujung membulat, dan merupakan kuas yang terkecil di jajaran make up pallete.
aplicator eye shadow
Yvonne
Kalo yang ada di gambar bawah, namanya aplikator eye shadow bawaan dari eye shadow Yvonne, digunakan pada bagian kelopaka mata yang lembut.
Untuk urusan mata, gw pribadi biasanya pake aplikator eye shadow terlebih dahulu untuk bagian kelopak yang dekat dengann garis mata, kemudian untuk kelopak mata yang jauh dari garis mata gw menggunakan kuas untuk aplikasi dan membaurkan warna eye shadow. Well, itu gue, ngga tau tata cara yang benernya kayak gimana, heheh

5. Kuas alis
Fungsi kuas ini adalah untuk membaurkan warna pensil alis atau eye shadow pada alis supaya merata. Kuas ini cenderung lebih kasar dibanding dengan kuas yang lain. Bentuknya kecil, pipih dngan salah satu sisi yang menyerong. Kadang gw lihat kuas ini dipakai untuk membentuk sudut mata.
sikat alis
kalo yang dibawah, namanya sikat alis, biasanya digunakan untuk membaurkan warna pada alis dan disetai dengan sisir kecil untuk merapikan bentuk alis sebelum dan setelah dibentuk. dengan pemakaian sikat ini, alis akan tampak lebih natural.

6. Kuas bibir
kuas bibir
Kuas bibir digunakan untuk mengaplikasikan lipstik dan lipgloss supaya lebih merata dan hasilnya lebih baik. Kuas ini kecil, tipis, dan ujungnya lancip. harga kuas bibir ini bervariasi mulai dari 10.000 an juga ada.
Lip palette wardah denga kuas bawaan
yang kurang memuaskan
(bulunya ngga kompak)
Gambar di bawah adalah lip palette wardah kesukaan gw yang sayang sekali kuasnya kurang mumpuni dalam melakukan pekerjaannya. Awal beli kuasnya keras banget, terus gw rendem aer anget yang lamaaaa baru deh agak lembut. Setelah dipakai beru deh ketahuan kalo bulunya mudah lepas, jadi kalo mau pakai atau bersihkan harus ekstra hati-hati supaya awet.

7. Kuas kipas
Bentuknya memang mirip dengan kipas tangan ya? Bulunya pun pipih dan terbuat dari bahan yang lembut. Fungsi kuas ini adalah untuk membersihkan wajah dari bulu-bulu yang rontok dan sisa riasan yang bertebaran di wajah.

Begitulah postingan hari ini, yang gw harapkan bisa membatu rekan-rekan para beginner dalam dunia per-make-up-an. Sebenernya masi banyak kuas yang beredar di luaran sana (cieilee) tapi kuas yang gw share di sini merupakan kuas yang paling memungkinkan untuk dibeli (dan dikoleksi) oleh para awamers make up. Kalo mau koleksi lengkap rasanya mubazir kalo bukan digunakan oleh make up artist...

Sekian, dan terima kasih....

3 komentar:

  1. Makasih mbk ilmunya :)
    postingannya manfaat bgt buat org awam sperti saya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, thx ya sudah mampir ke blog ini

      Hapus
  2. Aku punya eyeshadow yvonne dan aku mau repurchase, belinya dimana ya?

    BalasHapus

wibiya widget