4.5.12

Berbagai Jenis Kucing

Seharian ini di rumah gw ngeliat anak tetangga yang umurnya udah 13 bulan mainan kucing. Keliatannya seneng banget, pegang-pegang buntut kucing. Terus gw jadi berpikir, kalo manusia kan ada ras-rasnya (sampe kalo jadi dokter forensik mesti tau beda masing-masing ras apaan), kalo kucing ada juga ngga yah?? Yang gw tau sebatas kucing angora, kucing kampung (yang makannya nasi), Macan, Puma, harimau, jaguar, dan singa...
Terus gue pulang dan iseng browsing. Kemudian terlahirlah post ini. Bagi temen-temen yang suka hewan, terutama kucing, dan pengen pelihara kucing tapi bingung mau pilih yang mana (angora, kampung, singa, macan, harimau, dll) boleh deh, cekidot!!!

1. Abyssinian
Abyssinian
Apakah kamu adalah perenang? Ato mungkin pacar kamu yang perenang? Kalo pacarnya mau dikadoin kucing yang bisa menemani pacar latihan renang, Abyssinian adalah jawabannya. Kucing ini bisa jadi perenang yang handal, sangat aktif, ramah, kuat, dan lincah. Rambutnya pendek, tebal, dan lembut. Katanya IQ kucing ini termasuk tinggi, karna dia sangat cerdas. Sayangnya kucing jenis ini susah dikembangkan.

2. Aegean
Aegean
Kucing ini berasal dari Yunani dan ukurannya termasuk medium body type (terus terang gw ga ngerti maksudnya). Merupakan kucing asli alias bukan perkawinan silang. Biasanya kucing ini terdiri dari dua atau tiga warna. Kalo ngeliat penampakannya, pengen deh punya satu...

3. American Ringtail
American ringtail
Sesuai namanya, kucing ini asalnya dari benua Amerika. rambut kucing ini termasuk pada kriteria Medium-long Hair. Ciri khas kucing ini adalah ekornya yang melingkar, tubuhnya berotot dan atletis, serta ramah sama pemeliharanya. Kucing tipe ini cocok dipelihara sama orang tua yang memiliki anak yang udah gede2 atau orang yang baru mulai pelihara kucing. 

4. Anatolian
Dari namanya aja kita bisa nebak bahwa kucing ini berasal dari anatolia, alias Turki. Nama lain kucing ini adalah Turkish short hair. Kucing ini idealnya dipelihara sama keluarga yang memiliki anak kecil, keluarga yang punya peliharaan selain kucing, keluarga yang anggotanya aktif, dan baru pertama pelihara kucing. Rata-rata kucing ini punya kepribadian yang aktif, curious, pinter, ramah, dan lembut terhadap anak-anak.

5. Angora
Angora
Ternyata kucing ini masih senegara sama Anatolian, yaitu dari Turki. Pada umumnya kucing jenis ini warnanya putih, tapi kalo hoki bisa dapet warna lain. Sifat kucing ini termasuk aktif, suka bermain, afeksinya tinggi, butuh perhatian, dan suka air. Untuk vokalitas kucing ini tergolong sedengan aja. Kalo sudah punya peliharaan lain, kucing ini cocok dipelihara.

6. Arabian/ Egyptian Mau
Mau
Berasal dari mesir, kucing ini tergolong kucing dengan body type medium sampai besar. Warna kucing jenis ini bisa pure white, hitam, tabby brown dengan garis coklat tua. Untuk ukuran kucing ini termasuk kategori kecil-menengah, dan memiliki rambut yang pendek. Terus terang, sampai kucing nomer 6 ini, gw masih ngga tahu tu kucing tetangga jenis yang mana... ToT, mungkin dibawah...

7. Balinese
Akhirnya ada juga kucing dari Indonesia tercinta kita. Sifat kucing ini sopan (kucing bisa sopan!!) dan aktif, jarang sekali kucing ini sampai misbehaving. Personalitas kucing ini elegan, pintar namun sopan, dan petite namun atletis juga. cocok dipelihara keluarga yang memiliki anak kecil maupun keluarga yang baru memelihara binatang. Disamping adalah gambaran balinese.

8. Birman
Kucing ini termasuk kucing yang sering gw lihat dipelihara sama orang-orang berada. Kucing ini sweet, berkepribadian lembut, tidak bermasalah dengan peliharaan lain, dan mudah mempelajari trik-trik yang diajarkan. Sering kali kucing ini salah dibedakan dengan Siamese atau Ragdoll. Kucing ini cocok dipelihara oleh keluarga yang memiliki anak kecil, single yang punya peliharaan lain, dan baru pertama pelihara kucing. tubuh birman berwarna pucat dengan titik gelap dan mata biru tua, dan telinganya relatif kecil dibanding ras lain. Perhatiin deh, kaki depannya berwarna putih, kayak pake sepatu...

9. Burmilla
Burmilla
Burmilla adalah jenis kucing domestik yang berasal dari Britania Raya pada tahun 1981. Merupakan hasil persilangan antara Persia Chinchilla dan Burma. Mulai diproduksis pada tahun 1984 dan ras kucing ini memperoleh status kejuaraan di Britania Raya pada 1990-an. Burmilla bisa memiliki berbagai warna: biru, sampanye, coklat, cream, ungu, platinum hitam dan merah. Ras ini juga bisa memiliki corak seperti kura-kura, dengan warna termasuk hitam, biru,coklat coklat dan ungu. Jenis kucing ini termasuk yang paling pintar diantara jenis lainnya.

10. British Shorthair
British Shorthair
Ras British Shorthair merupakan kucing keturunan yang dibawa ke Britain oleh Roma kemudian di silangkan dengan kucing liar asli. Kemudian hasil persilangannya disilangkan kembali dengan ras Persia untuk meningkatkan ketebalan mantel rambutnya. British Shorthair adalah kucing sangat kuat, orang mendeskripsikan bentuk tubuh ras kucing ini berbentuk "bulat", bulat mukanya, bulat badannya, bulat telinganya, dan bulat tapaknya. Mereka Memiliki karakter yang stabil dan termasuk kucing indoor (rumahan), kurang aktif, pemalu, dan sulit dibiakkan.

Segini dulu yak, ogud ngantuk
-----------------------------------------------------------------

1 komentar:

wibiya widget